Ini Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengobatinya

Bintik-bintik putih pada wajah dapat menyebabkan orang menjadi malu, sehingga mereka tidak percaya diri. Kesan yang sering muncul adalah bahwa bintik-bintik putih adalah tanda tidak menjaga kebersihan, meskipun itu tidak selalu terjadi. Mengetahui penyebab bintik-bintik putih pada wajah akan membuatnya lebih mudah untuk diobati.




Bintik-bintik putih pada kulit, juga pada wajah, disebut bintik-bintik hypopigmenting, suatu kondisi di mana kulit tampak lebih jelas atau putih karena kurangnya pigmen melanin. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari infeksi, iritasi, cedera, hingga penyakit autoimun.

Penyebab bintik-bintik putih di wajah


Berikut ini adalah beberapa penyebab bintik-bintik putih pada wajah:

  • Tinea versikolor

Tinea versikolor atau lendir, suatu kondisi kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Panu biasanya ditandai dengan bintik-bintik merah muda dan putih yang tampak bersisik atau kering.

  • vitiligo

Vitiligo adalah gangguan autoimun yang menyebabkan gangguan kulit dalam bentuk kehilangan pigmentasi kulit dan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Awalnya, bintik-bintik putih muncul pada vitiligo dalam ukuran kecil dan semakin dicegah. Kondisi ini umumnya hanya menyebabkan gejala pada tahun 1920. Risiko mengembangkan vitiligo meningkat jika ada riwayat vitiligo dalam keluarga.


Baca Disini : Obat Vitiligo Paling Ampuh

  • Kerusakan kulit

Luka bakar, goresan, infeksi atau iritasi dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit. Area kulit yang rusak dapat kehilangan bintik-bintik pigmentasi, sehingga penyembuhannya akan muncul sebagai bintik-bintik putih. Meskipun kondisi ini sering tidak bertahan lama, dibutuhkan waktu lama bagi warna kulit untuk kembali. Kondisi ini juga disebut hipopigmentasi pasca inflamasi.

  • Pityriasis alba

Penyebab lain dari bintik-bintik putih pada wajah adalah pityriasis alba, sejenis eksim yang bisa berbentuk oval, bulat atau tidak teratur di wajah. Kondisi ini biasanya menyerang anak-anak berusia 3-16 dan belum jelas apa penyebab pastinya, tetapi mungkin terkait dengan eksim atopik, paparan sinar matahari, atau infeksi jamur.

Perawatan bintik-bintik putih berbeda pada wajah


Cara Anda merawat bintik-bintik putih pada wajah tergantung pada penyebabnya. Jika bintik-bintik putih disebabkan oleh vitiligo, dokter akan merawat kulit dengan tujuan memberikan warna kembali ke kulit Anda dan menghentikan perluasan area bintik putih. Dokter dapat memberikan obat topikal, obat oral atau perawatan dengan sinar ultraviolet. Penggunaan riasan juga bisa dilakukan untuk menyamarkan bintik-bintik putih pada wajah.

Bintik putih disebabkan oleh tinea versikolor (lendir), dapatkan obat dari dokter dalam bentuk krim, lotion, sabun, atau mungkin juga obat tablet untuk diminum. Mengenai kondisi pityriasis alba, mungkin perlu menggunakan krim topikal yang membantu menekan perubahan warna wajah dan juga menghilangkan kulit kering, kerak atau gatal-gatal pada kulit wajah.

Mengetahui penyebab bintik-bintik putih pada wajah dapat membantu menentukan metode perawatan yang tepat. Yang terbaik adalah menghindari perawatan alami tanpa nasihat dokter Anda. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang tepat.

Sumber : Alodokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Di Alami Orang Indonesia