Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Di Alami Orang Indonesia

Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Di Alami Orang Indonesia | Kulit manusia adalah lapisan luar dari tubuh pada manusia. Itu adalah organ terbesar dari sistem tubuh menutupi. Kulit memiliki beberapa lapisan jaringan ektodermal dan penjaga otot, tulang, ligamen dan organ internal yang ada dibawahnya. Kulit manusia sama dengan mamalia lainnya, kecuali bahwa itu tidak dilindungi oleh suatu bulu. Meskipun hampir semua kulit manusia ditutupi dengan folikel rambut, tampak tak berbulu. Ada dua jenis umum dari kulit, kulit berbulu dan tidak berbulu.



Penyebab dan gejala penyakit kulit bervariasi. Ada penyakit kulit yang terasa gatal atau nyeri, ada juga yang hanya membuat kulit jadi tidak enak dipandang. Penyakit kulit pun bisa ringan, bisa juga berbahaya hingga berpotensi mengancam nyawa.

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan sinar matahari, membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri, serta menghasilkan vitamin D.

Banyak yang menganggap penderita penyakit kulit adalah orang-orang yang kurang bisa menjaga kebersihan tubuh. Anggapan tersebut menjadikan mereka, khususnya orang dewasa, yang memiliki penyakit kulit merasa malu dan cenderung menyembunyikan penyakitnya. Hal ini menjadi hambatan bagi kesembuhan penderita penyakit kulit.

Banyak penyakit kulit yang menjangkiti anggota tubuh yang mudah terlihat oleh orang lain. Mereka yang ada di sekitar penderita kemudian bisa saja memberikan reaksi yang tidak menyenangkan. Pada akhirnya, hal ini akan menambah beban psikologis bagi penderita penyakit kulit.

Berikut Dibawah Ini Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Dialami Orang Indonesia

  • Herpes zoster
Herpes zoster adalah ruam di kulit yang terasa sakit, yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Herpes zoster juga sering disebut cacar ular atau cacar air, dan biasanya muncul pada kulit berupa satu garis atau area kecil di salah satu sisi wajah atau tubuh.

Herpes zoster umum terjadi pada orang dewasa dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena stres, cedera, penggunaan obat-obatan tertentu, atau alasan lainnya. Kebanyakan orang yang mengidap herpes zoster akan sembuh dan tidak akan terserang lagi. Tetapi sangat mungkin untuk terserang herpes zoster lebih dari sekali.
  • Urtikaria
Penyakit kulit lain yang umum diderita adalah urtikaria atau yang dikenal dengan istilah biduran. Ciri-ciri penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal-gatal, bilur-bilur, atau ruam yang menjengkelkan. Gangguan kulit ini mungkin muncul di salah satu bagian tubuh atau bisa tersebar di area tubuh yang lebih luas.

Biasanya, urtikaria akan sembuh dalam beberapa hari meski tanpa menjalani pengobatan. Antihistamin mungkin diperlukan, terutama ketika rasa gatal yang menyerang menjadikan penderita merasa tidak nyaman. Jika gejala yang muncul akibat urtikaria tidak hilang dalam waktu lebih dari 48 jam, menghubungi dokter adalah langkah yang dianjurkan untuk dilakukan.
  • Psoriasis
Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Psoriasis merupakan jenis penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun. Penyakit ini tidak menular, sehingga kontak langsung dengan ruam di kulit penderita tidak akan menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.
  • Eksim
Eksim adalah gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak yang meradang dan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini juga biasa dikenal dengan sebutan dermatitis atopik. Biasanya, kondisi ini menyerang lipatan siku dan lutut remaja atau orang dewasa.

Penyebab penyakit kulit yang satu ini belum sepenuhnya diketahui, namun kuat dugaan bahwa hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan faktor keturunan.
Sejauh ini belum ada obat untuk menyembuhkan eksim, namun penanganan bertujuan untuk mengurangi gejala. Untuk mengurangi gejalanya, penderita eksim perlu mengetahui apa pencetusnya dan sebisa mungkin menghindari faktor pencetus tersebut, menggunakan obat-obatan untuk mengurangi gatal sesuai resep dokter, hindari menggaruk untuk mencegah luka dan infeksi, serta menggunakan terapi cahaya.

  • Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit yang menyerang wajah. Kondisi ini ditandai dengan kulit menjadi kemerahan, timbul bintil yang padat atau berisi nanah, dan pembuluh darah menjadi tampak jelas, khususnya pada bagian hidung, pipi, dagu, serta dahi. Dalam beberapa kasus, penderita rosacea juga dapat merasakan sensasi terbakar pada mata. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita berusia 30 tahun ke atas.


Mungkin itulah penjelasan tentang "Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Di Alami Orang Indonesia" yang bisa kami sampaikan, Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda semua, terimakasih telah menyimak, Salam sehat dari kami :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Mengobatinya